Ads

Friday, November 3, 2017

SCP-1633 Part 1


No. Item: SCP-1633
Kelas Objek: Safe
Special Containment Procedures:
Satu salinan SCP-1633 harus disimpan di DVD-ROM standar di dalam sebuah loker penyimpanan amandi Site-15, bersamaan dengan seluruh dokumen pendukung dan bahan-bahan tambahan. Siapapun yang ingin melakukan tes mengenai SCP-1633 harus memberikan permintaan tertulis kepada kepala peneliti Dr. Berger. Percobaan hanya akan dilaksanakan dengan komputer on-site yang memiliki seluruh persyaratan yang dituliskan dalam dokumen SCP-1633-HS-01[1]. Komputer-komputer tsb dapat digunakan untuk periode percobaan lebih (sampai enam (6) bulan), tapi hard drive tsb dihapus dan seluruh komponen dihancurkan pada akhir percobaan.
Tidak ada satupun save file yang boleh dimainkan setelah akhir dari act tiga di dalam jalan cerita game tsb tanpa izin spesifik dari Dr. Berger. Sebelum titik ini, save game dan file .ptd yang mendampinginya harus dihapus.
Deskripsi:
SCP-1633 merupakan sebuah game komputer yang diciptakan oleh studio game independen ███████ █████ yang saat ini sudah mati. Salinan di tangan Yayasan merupakan versi beta dari game tsb. Gameplay intinya sudah relatif sempurna, namun terdapat aspek-aspek yang belum selesai: beberapa art asset menghilang, terdapat beberapa masalah grafis, musiknya hilang atau hanya berupa musik “placeholder”, dan seterusnya[2]. Karena versi dari game ini tersusun dua hari sebelum Yayasan menyerang kantor ███████ █████ pada tanggal ██/██/201█, versi tsb diduga merupakan versi paling sempurna dari game tsb yang pernah ada.
Sumber dari ciri-ciri anomali game tsb, begitupun titik penjualan besar dari iklan pra-penerbitan game tsb, merupakan “algoritma heuristis taktis” yang dimilikinya. Setelah pemain menyimpan game mereka dan keluar, sebuah proses background akan menyala di komputer pemain[3]. Saat proses tsb selesai, sebuah file baru akan muncul di folder yang sama dengan save game pemain, dengan ekstensi file “.ptd”, atau sebuah file .ptd akan diperbaharui[4]. Saat pemain load save game dengn file .ptd yang berhubungan, musuh-musuh di dalam game tsb akan menjadi lebih pintar dan efektif, dengan peningkatan yang kurang lebih proporsional dengan waktu bermain yang diluangkan[5]. Awalnya, hasilnya adalah pengalaman yang menantang, dengan musuh yang beradaptasi dengan senjata, strategi, dan gaya bermain pilihan pemain. Meski demikian, dengan waktu yang cukup, musuh mulai menyadari keberadaan pemain dan mulai menyerangnya, bukan karakter di dalam gamenya.
Proses biasa sebagai berikut[6]:
Total waktu: 0-2 jam
Kepintaran musuh: Musuh bahkan tidak memiliki intelijensi strategis dasar dan akan mnyerang karakter pemain tanpa mempedulikan senjata yang digunakan, lingkungan, keberadaan tempat berlindung, dsj.
Total waktu: 2-5 jam
Kepintaran musuh: Musuh mulai menyesuaikan taktik mereka dengan lingkungan mereka dan senjata yang mereka bawa. Contohnya, musuh dengan senjata jarak dekat akan mencoba untuk bergerak mendekati karakter pemain sebelum menyerang, dan dalam pertarungan jarak jauh mereka akan mengambil tempat berlindung. Pada babak tsb, musuh kurang lebih setara dengan keahlian warga sipil tak terlatih.
Total waktu:5-8 jam
Kepintaran musuh: Musuh mulai melawan strategi pilihan pemain individual. Contohnya, mereka akan menyerang pemian yang menggunakan senjata jarak jauh dari tempat berlindung dengan granat atau senjata “splash damage”, untuk memaksa mereka keluar. Mereka akan memanfaatkan fitur lingkungan untuk menyerang atau berlindung: contohnya, menaruh jebakan di titik rintangan atau menyerang di zona-zona “killbox”. Pada babak tsb, musuh kurang lebih setara dengan tentara manusia terlatih.
Total waktu: 8-12 jam
Kepintaran musuh: Musuh mulai menggunakan taktik yang mempengaruhi pemain daripada karakternya. Pada beberapa titik, musuh tampak menyadari bahwa karakter pemain dikendalikan oleh pengaruh “luar”, dan menyesuaikan strategi mereka sesuai dengan keadaannya. Daripada menyerang karakter pemain, musuh akan memilih untuk memposisikan diri mereka untuk menghalangi penglihatan pemain. Musuh terlihat berpura-pura seakan mengalami “glitch” (terus-menerus berjalan ke arah tembok, melakukan tindakan yang sama lagi dan lagi, membeku di tempat), menunggu pemain untuk melewatkan mereka karena dianggap bukan ancaman, kemudian menyerang. Pada satu sesi permainan, musuh akan menggunakan beberapa spell “dayflash”[7] dalam setiap pertarungan, membedakan pola dan pemilihan waktu setiap saat. Akhirnya mereka mengembangkan pola “strobing” yang sangat memusingkan kepada pemain dan pada akhirnya membuatnya mengalami grand mal seizure.
Total waktu: 12+ jam
Kepintaran musuh: Musuh mulai menyerang pemain secara psikologis. Gaya menyerang yang spesifik memiliki variasi yang luas, karena game tsb menyesuaikan serangannya dengan susunan psikologis pemain. Menghadapi pemain yang mengendalikan karakternya dengan tingkat kendali yang baik, musuh menggunakan serangan yang melakukan sedikit kerusakan tapi menyebabkan karakter mengalami “dazed”, keadaan yang mengganggu kendli pemain untuk sementara. Meski demikian, bukannya menyerang karakter yang mengalami “dazed”, musuh akan mengepungnya ramai-ramai, terus menerus menggunakan serangan “daze” untuk menghalangi pemain melakukan apapun. Kehilangan kendali yang berkelanjutan memiliki pengaruh yang terlihat pada kemampuan pemain untuk fokus. Pada contoh lain, musuh “menculik” salah satu karakter pemain dan langsung menyeret mereka keluar layar. Kemudian, pemain menemukan mayat dari karakter tsb di atas “altar” pengganti, terus-menerus diserang oleh sekelompok musuh. Hal tsb tidak memiliki efek berkelanjutan, selain grafis “blood splatter” yang mengenai lantai dan tembok, tapi jelas sekali meresahkan pemain.
Tidak terdapat perkembangan kepintaran besar setelah dua belas jam. Terdapat teori bahwa hal tsb mewakili tingkat teratas dari kemampuan musuh-musuh game tsb, kecuali jika mereka diarahkan oleh makhluk berakal. (Lihat Dokumen-1633-DX-12 untuk informasi lebih lanjut.)
Informasi Game:
SCP-1633 merupakan sebuah third-person squad-based action-RPG, dimainkan dengan mouse dan keyboard. Karakter pemain terlihat di layar, dengan pemain melihat melihat game tsb dari atas karakter. Pemain mengendalikan pasukan berisi empat karakter, dengan kendali langsung atas satu karakter sekali dan command menu untuk mengendalikan tiga karakter lainnya[8]. Setiap karakter memiliki keahlian berbeda: “marksman” menggunakan senjata jarak jauh, “alchemist” memiliki akses untuk ramuan dan bahan kimia dengan pengaruh bervariasi, “rogue” bisa bergerak diam-diam dan membunuh musuh, dan “thug” memiliki HP yang lebih banyak daripada karakter-karakter lainnya dan memberikan lebih banyak kerusakan jarak dekat. “Experience” yang didapatkan dari membunuh musuh dan menyelesaikan tugas dapat digunakan untuk meningkatkan beberapa “skill” dan “attribute” karakter.
Game tsb berlatar di dunia steampunk yang dihuni oleh banyak ras fantasi (manusia, kurcaci, orc, goblin, dsj). Teknologi bertenaga uap dan pegas hidup berdampingan dengan sihir. Area-area perkotaan sebagian besar diberi gaya London era Victorian. Karakter pemain merupakan sekelompok kriminal yang direkrut oleh Archduke of Bowdrick untuk menyelidiki sebuah pencurian. Selama perjalanan dalam game, mereka menemukan bahwa makhluk menyerupai dewa bernama "Kr'th'nar" berusaha untuk kabur dari ribuan tahun kurungan dan memakan dunia.
Catatan kaki:
1. Hal tsb termasuk, namun tidak terbatas pada, sebuah prosesor dengan kemampuan 1.3 gHz, 6 GB ruang hard drive, dan tanpa kemampuan network connection.
2. Lihat Dokumen SCP-1633-BV-01 untuk daftar bug dan elemen yang hilang yang diketahui.
3. Proses tsb, meskipun memakan banyak sumber daya komputer, tidak berbahaya bagi fungsi komputer dan bisa ditutup secara paksa kapanpun. Hal tsb akan mencegah pembuatan file .ptd.
4. Menurut dokumentasi pendukung, ekstensi file tsb memiliki kepanjangan “player tactical data”.
5. Jika pemain mencoba untuk load sebuah save game yang dibuat oleh pemain yang berbeda, game tsb akan pause selama beberapa menit dan mendorong pemain untuk load file mereka sendiri, atau memulai game baru, daripada menggunakan milik orang lain. Hal tsb tidak dianggap sebagai efek anomali; tapi, kemampuan pattern-recognition game tsb bersifat sedemikian rupa sehingga bahkan perbedaan kecil dalam gaya bermain akan diterjemahkan sebagai pemain berusaha untuk menggunakan save game yang berbeda.
6. Catatan bahwa mungkin saja terdapat variasi yang signifikan dalam hal berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi musuh untuk beradaptasi terhadap pemain tertentu. Kurang lebih, semakin ahli pemainnya, semakin cepat “kepintaran” game tsb meningkat. Waktu-waktu tsb tidak menentu dan berdasarkan waktu yang dicatat bagi pemain “rata-rata”.
7. Spell yang menyebabkan sinar terang yang menyilaukan.
8. Catatan pengembang menunjukkan bahwa game tsb bertujuan untuk memiliki mode co-operative, di mana empat pemain masing-masing akan mengendalikan satu anggota pasukan. Fitur tsb tidak terdapat di dalam versi yang dipegang oleh Yayasan.
Sumber : Scp-wiki.net

No comments:

Post a Comment